26
Aug

Belajar dari Semut, Semutpun Terus Belajar dan Belajar

TUHAN sering sekali menggunakan berbagai cara untuk mengingatkan dan mengajarkan sesuatu hal kepada manusia.

Kali ini ini kita akan belajar dari Semut, haiwan kecil yang lemah tapi TUHAN menjadikannya teladan untuk kita supaya kita belajar sesuatu hal yang membangun dari haiwan tersebut.

Seekor semut yang kecil yang akan mengajarkan kita semua mengenai erti sebuah perjuangan hidup yang tak mengenal waktu dan tak mengenal lelah.

1. Semut adalah binatang yang rajin dan bertanggung jawab.
Seperti ungkapan di atas semut adalah binatang rajin dan bertanggung jawab, itubenar adanya.

Cuba perhatikan dengan seksama, apakah kita pernah melihat seekor semut duduk-duduk santai ? Atau keluar pada jam-jam atau musim – musim tertentu?

Semut akan selalu bekerja siang dan malam, baik musim hujan atau pun panas, anda pasti akan melihat seekor semut bekerja, bahkan dimanapun kita berada semut juga ada, artinya semut tidak takut untuk ditempatkan dimanapun, ia akan mengerjakan tugasnya sapai selesai dan penuh tanggung jawab.
Berbeza dengan manusia yang sering bermalas-malasan karana berbagai alasan, di bawah ini adalah ciri-ciri seorang pemalas :
a. Seorang pemalas adalah seorang yang selalu menunda pekerjaan. Seorang pemalas tidak menyelesaikan apa yang dimulainya. Seorang pemalas akan mencari dan mengikuti jalan yang mudah yang jauh dari pada rintangan

2. Semut adalah binatang yang pantang menyerah.
Jika anda melihat seekor semut cubalah anda untuk menghalangi jalannya. dan perhatikan apa yang semut tersebut lakukan! Ia akan mencari jalan lain untuk meneruskan jalannya atau bahkan dia akan memanjat rintangan yang anda buat untuk bisa terus berjalan ke Depan.

Semut tidak peduli apapun rintangan yang menghalangi, ia akan berusaha untuk menghadapinya tanpa rasa takut ataupun ragu. Sebab ia fokus pada apa yang menjadi visinya.Tetapi menusia sering kehilangan visi dan menjadi lemah oleh karena persoalan yang menghalangi jalannya.

3. Semut bekerja sama dengan baik dalam satu team.
Kita sering melihat semut bertabarukan satu sama yang lain, kira-kira apa yang mereka lakukan? Jarang sekalai manusia memperhatikan apa yang sebenarnya mereka lakukan, apa hanya sekedar menyampaikan salam atau bertegur sapa?

Sebenarnya apa yang mereka lakukan adalah mereka bertukar informasi tentang sesuatu yang bisa dikerjakan, dalam artian mereka meminta bantuan teman yang lain untuk bekerja sama mengerjakan suatu pekerjaan.

Semut bekerja sama dengan baik dengan sesamanya tanpa mengindahkan persoalan-persolan  dalam hidup mereka. Semut selalu fokus pada target misi mereka dan bekerja bersama-sama untuk mencapai target tersebut.

Semut bukan binatang superior melainkan binatang yang lemah yang memiliki keterbatasan sehingga mereka akan membutuhkan satu dengan yang lain untuk mengerjakan tugas yang berat. Dan mereka akan senantiasa membantu satu dengan yang lain untuk tercapainya keberhasilan bersama dalam mengerjakan visi mereka.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tinggalkan Komen Anda

*

nizar

August 27, 2010 at 1:12 pm

erm bagus informasi ini…Saya suka juga main dengan main dengan semut…master pon suka main dengan semut yea?mesti tahu bahasa semut…master nak tanya…semut ada telinga tak?

nizar

August 27, 2010 at 1:13 pm

nizar :
erm bagus informasi ini…Saya suka juga main dengan semut…master pon suka main dengan semut yea?mesti tahu bahasa semut…master nak tanya…semut ada telinga tak?

nizar

August 27, 2010 at 1:26 pm

semut ada telinga tak